Penulis Utama : Budi Mulya Wibawa
NIM / NIP : F3514015
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui jumlah dan frekuensi pembelian bahan baku alang-alang dengan analisis metode Economic Order Quantity, (2)Untuk mengetahui total biaya persediaan bahan baku alang-alang dengan analisis metode Economic Order Quantity, (3) Untuk mengetahui titik pemesanan ulang (Reorder Point) pembelian bahan baku alang-alang dengan analisis metode Economic Order Quantity, (4) Untuk mengetahui jumlah persediaan pengaman (Safety Stock) bahan baku alang-alang dengan metode Economic Order Quantity. Dengan melakukan pengendalian persediaan dengan metode Economic Order Quantity, biaya-biaya yang terkait dengan persediaan bisa ditekan seminimum mungkin.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu keadaan, peristiwa, objek, apakah orang, atau segala sesuatu yang terkait dengan variabel-variabel yang bisa dijelaskan baik dengan angka-angka maupun kata-kata. Penelitian ini dilakukan di lingkungan PT. Air Mancur, merupakan perusahaan yang memproduksi obat-obat tradisional. Dengan melakukan metode EOQ (Economic Order Quantity) didapatkan titik pembelian yang paling ekonomis bahan baku alang-alang, frekuensi pembelian, reorder point, safety stock serta maximum inventory. Jika dibandingkan dengan analisis kebijakan perusahaan, metode EOQ (Economic Order Quantity) memiliki biaya total persediaan (TIC) yang lebih kecil sehingga dapat meningkatkan laba perusahaan.   


Kata kunci :Pengendalian Persediaan, Metode EOQ (Economic Order Quantity)

 

×
Penulis Utama : Budi Mulya Wibawa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3514015
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Alang-Alang dengan Metode Eoq (Economic Order Quantity) pada Pt. Air Mancur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB-Prog. Manajemen Bisnis -F3514015-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarjanto, M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.