Penulis Utama : Muhammad Alfian Lucky Jauharies
NIM / NIP : K4614057
×

ABSTRAK

Muhammad  Alfian  Lucky Jauharies.  K4614057.  PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA HANG STYLE  PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII  D SMP NEGERI  8  SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya hang style pada peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 8 Surakarta yang berjumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik putra dan 17 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar lompat
jauh gaya hang style siswa pada Siklus I dari 31 peserta didik mencapai 51.61% atau sebanyak 16 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 83.87% atau sebanyak 26 peserta didik sedangkan 5 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Hasil  analisis  data diatas  dapat  disimpulan  bahwa penggunaan  alat  bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya hang style  pada peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya Hang Style, Penggunaan Alat Bantu.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Alfian Lucky Jauharies
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614057
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Alat bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Hang Style pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 8 Surakarta tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prog-Penjaskesrek-K4614057 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Mukholid, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.