Penulis Utama : Safinatun Najah
NIM / NIP : K7114159
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran  tematik;  (2)  mendeskripsikan  motivasi  belajar  siswa  sebagai dampak  dari  adanya  model  pembelajaran  tematik;  dan  (3)  mendeskripsikan kendala dan solusi dalam pelaksanaan model pembelajaran tematik.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif  dengan  pendekatan  studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Alam Baturraden yang berjumlah 9 siswa.Sumber data dari penelitian ini adalah siswa, fasilitator, orang tua kelas IV dan V, serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik uji validitas data  dilakukan  dengan  perpanjangan  waktu,  triangulasi,  dan  membercheck. Analisis melalui langkah-langkah mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, memulai coding semua data, mendeskripsikan setting, orang, kategori, dan tema yang akan dianalisis, menyajikan deskripsi tema-tema, melakukan interpretasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran tematik yang diterapkan di SD Alam Baturraden melalui 3 tahap yaitu: perencanaan dengan penyusunan weekly plan dan daily plan, pelaksanaan (pendahuluan, inti, dan penutup) yang mengkaji materi dari beberapa pokok bahasan dengan menerapkan berbagai media dan metode, dan evaluasi yang sesuai dengan model pembelajaran tematik (tematik, bersifat holistik, mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis, komprehensif, dan menggunakan model penilaian yang bervariasi); (2) penerapan pembelajaran tematik berdampak terhadap motivasi siswa untuk belajar berupa siswa tekun dalam mengerjakan tugas, ulet dalam menghadapi kesulitan, menunjukkan minat terhadap permasalahan yang terjadi, lebih senang belajar mandiri, lebih senang pada tugas-tugas yang bervariasi, dapat mempertahankan pendapat, dan senang mencari serta memecahkan masalah; (3) kendalanya yaitu kurangnya waktu untuk menyampaikan materi yang diatasi dengan menyederhanakan kegiatan yang kompleks dan kurangnya pengalaman fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar yang diatasi dengan terus mengasah kemampuan diri dengan cara belajar dari senior yang berpengalaman, membaca, dan menggali informasi pengetahuan.
Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tematik dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berdampak terhadap motivasi belajar siswa dengan ciri siswa tekun dalam mengerjakan tugas, ulet dalam menghadapi kesulitan, berminat terhadap masalah yang terjadi, mandiri, lebih  senang pada  tugas-tugas  yang bervariasi,  berpendirian  kuat,  dan  senang mencari serta memecahkan masalah.

 

×
Penulis Utama : Safinatun Najah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114159
Tahun : 2018
Judul : Model Pembelajaran Tematik Dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Alam Baturraden)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114159-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M. Pd
2. Moh. Salimi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.