Penulis Utama : Arini Itsna Annida
NIM / NIP : K7114018
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca  pemahaman  antara  siswa  yang  yang  diajar  dengan  menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking (DRTA) dan strategi pembelajaran Know-Want to Know-Learned (KWL); (2) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mempunyai minat membaca tinggi dan minat membaca rendah; dan (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimental semu (quasi eksperimental) dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah  SD Negeri Pajang 1 dan SD Negeri Karangasem 1. Teknik pengumpulan data kemampuan membaca pemahaman menggunakan teknik tes dalam bentuk soal uraian   dan minat membaca menggunakan teknik nontes dalam bentuk angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis variansi dua jalan dan uji pasca anava (metode Scheffe) dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Know-Want to Know-Learned (KWL) dengan nilai FA  = 25,669 > F(0,05;2,82)=  3,11.;  (2)  ada  perbedaan  kemampuan  membaca  pemahaman  antara siswa yang memiliki minat membaca tinggi dan siswa yang memiliki minat membaca rendah dengan nilai FB  = 58,827 > F(0,05;2,82)= 3,11; (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan nilai FAB = 7,790 > F(0,05;2,82)= 3,11

 

×
Penulis Utama : Arini Itsna Annida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114018
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Strategi Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd
2. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.