Penulis Utama : Dewi Astuti
NIM / NIP : K7114504
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah–langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di kelas V SD Negeri 1 Selang tahun ajaran 2017/2018; (2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang  di kelas  V SD Negeri  1 Selang  tahun  ajaran  2017/2018;  serta  (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di kelas V SD Negeri 1 Selang tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru, siswa dan dokumen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, pedoman  wawancara  dan  tes  hasil  belajar  siswa.  Teknik  analisis  data  pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan media flashcard dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati dengan  media  flashcard,  (b)  menanya,  (c)  mengumpulkan  informasi  dengan media   flashcard,   (d)   menalar,   dan   (e)   mengomunikasikan;   (2)   penerapan pendekatan  saintifik  dengan  media  flashcard  dapat  meningkatkan  hasil belajar IPS tentang perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di kelas V SD Negeri 1 Selang tahun ajaran 2017/2018. Hal itu dibuktikan dengan perolehan  persentase  ketuntasan  siswa  pada  siklus  I sebesar  62,82%  dan  pada siklus II meningkat menjadi 86,54%; (3) kendala yang dihadapi yaitu: (a) peneliti kurang persiapan dalam mengatur pembagian media, (b) siswa kurang aktif dalam bertanya  dan  memberikan  tanggapan,  (c)  siswa  belum  mampu  menyimpulkan hasil diskusi, dan (d) terdapat siswa yang hanya ikut nama dalam kegiatan berkelompok. Adapun solusinya yaitu: (a) peneliti menjelaskan teknik pembagian media, (b) merangsang siswa untuk bertanya, (c) memberikan kesempatan dalam menyimpulkan hasil diskusi, (d) guru mengamati diskusi kelompok.
Simpulan  penelitian  ini adalah  penerapan  pendekatan  saintifik  dengan media flashcard  dapat meningkatkan  hasil belajar IPS tentang perjuangan  para pejuang  pada  masa  penjajahan  Belanda  dan  Jepang  di  kelas  V  SD  Negeri  1
Selang.

 

×
Penulis Utama : Dewi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114504
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Para Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang Di Kelas V SD NEGERI 1 Selang Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114504-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Astuti, S.Pd
2. Muji Parijah, S.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.