Penulis Utama : Isti Khomah
NIM / NIP : K7114081
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa melalui penggunaan media pop up book pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa dan guru kelas IV SD Negeri 1 Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Uji validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif  menurut Miles dan Huberman yang terdiri atas empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ?75) pada uji pratindakan diperoleh hasil nilai rata-rata kelas 50,75 dengan ketuntasan klasikal 12,50%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,09 dengan ketuntasan klasikal 56,25%, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,14 dengan ketuntasan klasikal 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Boyolali.

 

×
Penulis Utama : Isti Khomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114081
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114081-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M. Pd
2. Joko Daryanto, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.