Penulis Utama : Lintang Jendro Rahmadita
NIM / NIP : S331608008
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Urgensi penerapan Pendekatan Follow The Money terhadap Tindak Pidana Pencucian Uang, serta Hakim dalam memutuskan perkara Nomor 2315K/PID.SUS/2014 telah menerapkan Pendekatan Follow The Money.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis data yang digunakan data Sekunder. Sumber bahan hukum yang digunakan berupa bahan hukum primer dan sekunder, diperoleh melalui studi kepustakaan dan   berkaitan   dengan   permasalahan   yang   diteliti   diantaranya   peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen resmi, buku-buku, serta jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Urgensi Pendekatan Follow The Money terhadap Tindak Pidana Pencucian Uang dapat digunakan untuk mengungkapkan strategi pengembangan penyidikan tidak perlu bergantung dari pengakuan tersangka, dengan adanya dugaan seseorang melakukan Tindak Pidana  Pencucian  Uang  maka  orang  tersebut  harus  melakukan  pembuktian terbalik dengan membuktikan bahwa data mengenai dana tersebut bukan berasal dari tindak pidana. Pendekatan Follow The Money tersebut dinilai lebih efektif penerapanya. Hakim dalam memutuskan perkara SITA ERNY, S.Pd., M.Pd lebih banyak menggunakan Pendekatan Follow The Suspect dari pada memakai pendekatan  Follow  The  Money,  hal  itu  dapat  dilihat  dari  putusan  yang dasar pertimbangannya masih menitik beratkan kepada proses pembuktian, seharusnya terdakwa lah yang wajib melakukan pembuktian terbalik tersebut. Hakim dalam memutus perkara ini juga hanya berpegang pada penetapan hakim sebelumnya.


Kata kunci: TPPU, Urgensi, Pembuktian Terbalik.

 

×
Penulis Utama : Lintang Jendro Rahmadita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S331608008
Tahun : 2018
Judul : Urgensi Penerapan Pendekatan Follow The Money dalam Tindak Pidana Pencucian Uang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Hukum (Pidana Ekonomi)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana. Jur. Ilmu Hukum-S331608008-2018
Kata Kunci : TPPU, Urgensi, Pembuktian Terbalik.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Supanto, S.H., M.Hum
2. Dr.Widodo Tresno Novianto,S.H.,M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak tersedia
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.