Penulis Utama : Muchamad Pandu Irawan
NIM / NIP : C0511021
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah munculnya Islam Abangan atau Sarekat Abangan sebagai sebuah wadah gerakan kaum tani yang akibat kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang masyarakat rasakan. Dengan demikian, perumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: (1) Mengapa muncul gerakan Islam Abangan di wilayah Klaten tahun 1918-1920 ? (2) Seberapa jauh Haji Misbach berpengaruh terhadap gerakan kelompok petani di wilayah Klaten? (3) Seperti apa pola kepemimpinan Mangoenatmojo dalam gerakan kelompok Islam Abangan? (4) Bagaimana proses gerakan perlawanan kelompok Islam Abangan pada tahun 1919-1920 di Klaten?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yaitu Heuristik (Pengumpulan Sumber), Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Pengumpulan data diperoleh dari arsip-arsip, surat kabar, buku, dan karya ilmiah. Data yang terkumpul kemudian dianalisa kebenarannya menggunakan kritik sumber. Hasil analisa kemudian diinterpretasikan berdasarkan kronologisnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah Islam Abangan muncul karena adanya tekanan sosial, politik, dan ekonomi kolonial Belanda yang merugikan masyarakat, khususnya kaum tani. Haji Misbach memberi dampak penting terhadap kemunculan Islam Abangan pada tahun 1920. Mangoenatmodjo adalah seorang tokoh Islam Abangan yang mendapat dampak polarisasi propaganda dari Haji Misbach. Pola kepemimpinan Mangoenatmodjo mengandalkan kebangkitan kembali agama meluas ke seluruh pulau Jawa. Mangoenatmodjo membuat perkumpulan untuk mengorganisir massa. Perkumpulan tersebut membahas soal tasawuf ajaran keagamaan yang condong terhadap pandangan Syekh Siti Jenar.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Islam Abangan merupakan wadah gerakan protes akibat tekanan  sosial, politik, dan ekonomi pemerintah kolonial Belanda terhadap kaum pribumi atau kaum tani. Gerakan protes berupa nggogol dan mogok kerja sebagai bentuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Haji Misbach dan Mangoenatmodjo adalah tokoh dibalik kemunculan Islam Abangan di Klaten tahun 1920.

Kata kunci : Islam Abangan, Misbach, Mangoenatmodjo.

 

×
Penulis Utama : Muchamad Pandu Irawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0511021
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Gerakan Politik Haji Misbach Terhadap Kelompok Islam Abangan di Klaten 1918-1920
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Ilmu Sejarah-C0511021 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susanto, M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.