Penulis Utama : Elyana Ratna Ariyanti
NIM / NIP : F0214041
×

ABSTRAK
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh (1) materialisme dan pembelian kompulsif, (2) pembelian kompulsif dan tanggung jawab penggunaan kartu kredit, (3) pembelian kompulsif dan hutang kartu kredit, (4) tanggung jawab penggunaan kartu kredit dan hutang kartu kredit (5) literasi keuangan dan tanggung jawab penggunaan kartu kredit, (6) literasi keuangan dan hutang kartu kredit.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna kartu kredit di Surakarta Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan convenience sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantguan program AMOS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa materialisme berpengaruh positif dan signifikan pada pembelian kompulsif, pembelian kompulsif berpengaruh negatif dan signifikan pada tanggung jawab penggunaan kartu kredit, dan berpengaruh positif signifikan pada hutang kartu kredit, tanggung jawab penggunaan kartu kredit tidak berpengaruh pada hutang kartu kredit, serta literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap tanggung jawab penggunaan kartu kredit, namun memiliki pengaruh negatif dan signifikan pada hutang kartu kredit.
Kata Kunci : Materialisme, Pembelian Kompulsif, Tanggung Jawab Penggunaan Kartu Kredit, Hutang Kartu Kredit, Literasi Keuangan

 

×
Penulis Utama : Elyana Ratna Ariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0214041
Tahun : 2018
Judul : Keuangan Keperilakuan Penggunaan Kartu Kredit (Studi pada pengguna kartu kredit di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Manajemen - F0214041-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.