Penulis Utama : Nila Purwani
NIM / NIP : C0113041
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan aspek bunyi yang terdapat dalam lirik lagu hip-hop dangdut NDX A.K.A Familia, (2) mendeskripsikan diksi atau pilihan kata yang terdapat dalam lirik lagu hip-hop dangdut NDX A.K.A Familia, dan (3) mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam lirik lagu hip- hop dangdut NDX A.K.A Familia.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari pengunduhan lagu-lagu NDX A.K.A Familia dalam bentuk MP3. Jenis data penelitian ini berupa data tulis dan berwujud lirik lagu yang di dalamnya terdapat aspek-aspek stilistika. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil sebanyak 20 lagu hip-hop dangdut NDX A.K.A Familia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dengan teknik sadap untuk teknik dasar dan teknik catat untuk teknik lanjutan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode padan dengan teknik PUP (Pilah Unsur Penentu) dan metode agih dengan teknik dasar BUL (Bagi Unsur Langsung) yang dilanjutkan dengan teknik lesap. Metode penyajian hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan metode informal.

Hasil analisis data penelitian ini, yaitu (1) aspek bunyi  yang ditemukan dalam lirik lagu hip-hop dangdut NDX A.K.A Familia, yaitu asonansi/purwakanthi guru swara, aliterasi/purwakanthi guru sastra, anadiplosis/purwakanthi basa (lumaksita), dan rima akhir, (2) diksi atau pilihan kata yang ditemukan dalam lirik lagu hip-hop dangdut NDX A.K.A Familia, yaitu aspek morfologis yang meliputi; afiksasi (prefiks, infiks, sufiks, konfiks, dan simulfiks) dan reduplikasi (dwipurwa, dwilingga, dan dwilingga salin swara), sinonim, antonim, kosakata asing (bahasa Inggris, Indonesia, dan Latin), kata sapaan, abreviasi/tembung plutan, kata majemuk, tembung saroja, dan tembung garba, dan (3) gaya bahasa yang ditemukan dalam lirik lagu hip-hop dangdut NDX A.K.A Familia, yaitu apostrof, asindeton, epitet, hiperbola, inuendo, ironi, klimaks, litotes, paradoks, perifrasis, personifikasi,   repetisi   (anafora,   epanalepsis,   epistrofa,   mesodiplosis,   dan simploke), sarkasme, simile, dan sinisme.

Kata kunci      : hip-hop dangdut, NDX A.K.A Familia, stilistika.

 

×
Penulis Utama : Nila Purwani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113041
Tahun : 2018
Judul : Kajian Stilistika Lirik Laguhip-Hop Dangdut Ndx A.K.A Familia
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Arab- C0113041-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam., M.S.
2. Dra. Dyah Padmaningsih, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.