Penulis Utama : Puput Dyah Febriani
NIM / NIP : C1014037
×

ABSTRAK

Dalam penelitian ini membahas (1) Latar belakang munculnya pembaharuan pemikiran Habib Abdullah Al-Haddad (2) Konsep pembaharuan pemikiran yang dilakukan oleh Habib Abdulah Al-Haddad terhadap Metode Ajaran Thariqah Alawiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan latar belakang munculnya pembaharuan dan konsep pembaharuan yang dilakukan oleh Habib Abdullah Al-Haddad terhadap Metode Ajaran Thariqah Alawiyah.
Berdasarkan penelitian ini dihasilkan kesimpulan bahwa Habib Abdullah Al-Haddad telah melakukan pembaharuan pemikiran terhadap Metode Ajaran Thariqah Alawiyah di Hadramaut,  yaitu: (1) Mengembalikan ajaran para salafnya yaitu tentang ajaran al-faqr dan al-khumul serta mengaitkanya dengan maqam al-abd dalam Thariqah Alawiyah.  (2) Melakukan penataan yang sistematis pada dasar-dasar ajaran sufistik Thariqah Alawiyah. (3) Menjadikan Thariqah Alawiyah sebagai thariqah yang menyeimbangkan antara pendidikan riy?dhah al-qul?b dan riy?dhah al-abd% dan. (4) Menjadikan Thariqah Alawiyah sebagai Thariqah Ashabul Yamin.
Pengaruh Thariqah Alawiyah terhadap masyarakat Hadramaut terlihat pada aktivitas sosial-keagamaan yaitu mendidik jiwa semakin dekat kepada Allah SWT. Penyebaran dan perkembangan Thariqah Alawiyah telah merambah pesat di seluruh wilayah Indonesia terutama daerah-daerah yang terdapat keluarga Alawiyyin.

Kata Kunci: Pembaharuan Pemikiran, Habib Abdullah, Thariqah Alawiyah

 

×
Penulis Utama : Puput Dyah Febriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1014037
Tahun : 2018
Judul : Pembaharuan Pemikiran Habib Abdullah Al-Haddad (1044 – 1132 H) terhadap Metode Ajaran Thariqah Alawiyah di Hadramaut
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Arab - C1014037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. M. Farkhan Mujahidin, S.Ag., M.Ag.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.