Penulis Utama : Nurul Falah
NIM / NIP : C1013040
×

ABSTRAK
Objek penelitian ini adalah novel yang berjudul A'r-Rajulul-Ladzi A Mana Karya Naji B Al-Ki  La  Ni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi emosi tokoh utama dalam menghadapi konflik psikologisnya. Metode penelitian yang dimanfaatkan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif selalu bersifat deskriptif, artinya data yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi fenomena, tidak berupa angka-angka atau koefisien tentang hubungan antara variabel.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat sebanyak 24(dua puluh empat) emosi tokoh utama dalam novel A'r-Rajulul-Ladzi A Mana Karya Naji B Al-Ki  La  Ni. Emosi tersebut dapat dibagi menjadi 4 kategori yaitu: (1) emosi dasar yang terdiri dari 4 emosi kegembiraan, 1 emosi kemarahan, 2 emosi ketakutan, dan 2 emosi kesedihan; (2) emosi yang berhubungan dengan stimulasi sensorik terdiri dari 2 emosi rasa takut, 3 emosi raja jijik, dan 2 emosi sangat senang; (3) emosi yang berhubungan dengan penilaian diri terdiri dari 1 emosi perasaan sukses, 1 emosi rasa malu, dan 1 emosi rasa bersalah; dan (4) emosi yang berhubungan dengan orang lain terdiri dari 3 emosi rasa cinta dan 2 emosi rasa benci.


Kata Kunci: Klasifikasi Emosi, A'r-Rajulul-Ladzi A Mana, Psikologi Sastra, Karya Naji B Al-Ki  La  Ni

 

×
Penulis Utama : Nurul Falah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1013040
Tahun : 2018
Judul : Klasifikasi Emosi Tokoh Utama dalam Novel A'r-Rajulul-Ladzi A Mana Karya Naji B Al-Ki La Ni (Kajian Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Arab- C1013040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Afnan Arummi, S.H.I., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.