Penulis Utama : Fauzan
NIM / NIP : D0211041
×

ABSTRAK
Bahasa isyarat merupakan bahasa yang digunakan oleh teman-teman Tuli untuk berkomunikasi sehari-hari. Di Indonesia sendiri bahasa isyarat ada dua yaitu SIBI (sistem bahasa isyarat Indonesia) dan BISINDO (bahasa isyarat Indonesia). Namun, dari dua bahasa isyarat tersebut, hanya satu bahasa isyarat yang diakui oleh pemerintah yaitu SIBI. Namun, untuk berkomunikasi sehari-hari SIBI dianggap sebagai bahasa yang sukar untuk digunakan. Untuk itu, teman-teman Tuli yang tergabung di dalam organisasi Gerkatin Solo berusaha untuk mensosialisasikan BISINDO sebagai bahasa Tunarungu.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui aktivitas sosialisasi yang telah dilakukan oleh GERKATIN Solo untuk menjadikan BISINDO sebagai bahasa isyarat tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Aksi dari Talcott Parsons. Dalam teori aksi ini aktor mengejar tujuan dalam situasi dimana norma-norma mengarahkan dalam memilih alternatif cara dan alat untuk mencapai tujuan.  
Hasil dari penelitan yang sudah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas sosialisasi BISINDO oleh organisasi Gerkatin Solo ini yaitu: masih terdapat teman-teman Tuli yang belum menguasai BISINDO yang baik dan benar, SIBI dianggap sebagai bahasa isyarat yang sukar untuk digunakan dalam proses komunikasi sehari-hari, kegiatan yang dilakukan oleh organisasi bertujuan untuk memperjuangkan dan mensosialisasikam bahasa isyarat Indonesia (BISINDO)
Kata Kunci: Sosialisasi Bahasa Isyarat Indonesia, Organisasi Gerkatin Solo, Bahasa Isyarat Indonesia

 

×
Penulis Utama : Fauzan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211041
Tahun : 2018
Judul : Aktivitas Sosialisasi Bahasa Isyarat Indonesia di Organisasi Gerkatin Solo (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Gerkatin Solo dalam Mensosialisasikan Bahasa Isyarat Indonesia sebagai Bahasa Tunarungu)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D0211041-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Y., S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.