Penulis Utama : Bella Evista Wibisono
NIM / NIP : K1214008
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Latar belakang penciptaan novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi, (2) Aspek sosial budaya yang terdapat  dalam novel  Anak Rantau karya Ahmad Fuadi, (3) Nilai  pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi, (4) Relevansi hasil tinjauan sosial budaya dan nilai pendidikan karakter novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi sebagai materi pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dalam  penelitian  ini  berupa  data  kualitatif.  Sumber  data  dalam  penelitian  ini adalah dokumen dan informan. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel cuplikan atau purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis  dokumen dan  wawancara.  Uji  validitas  data menggunakan  triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, displai data dan simpulan.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa: (1) latar belakang penciptaan novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi yaitu mengangkat cerita tentang romantisme kampung halaman dan kritik sosial bagi perubahan suatu daerah; (2) aspek sosial budaya dalam novel Anak Rantau terdiri dari bentuk desa, sistem kekerabatan, sistem kemasyarakatan, pekerjaan, religi dan modernisasi; (3) nilai pendidikan karakter dalam novel Anak Rantau meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; (4) novel  Anak Rantau karya Ahmad Fuadi dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra dan memenuhi kriteria kelayakan buku non teks yang dijadikan sebagai materi ajar.


Kata kunci: novel Anak Rantau, sosial budaya, nilai pendidikan karakter, materi pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Bella Evista Wibisono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214008
Tahun : 2018
Judul : Analisis Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia- K1214008-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko W, S.S., M.Hum.,
2. Atikah Anindyarini, SS., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.