Penulis Utama : Eprini Endah Sari
NIM / NIP : K1214014
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur yang terdapat pada cerita rakyat di Kebumen; (2) nilai pendidikan yang terdapat pada cerita rakyat di Kebumen; (3) relevansi nilai pendidikan pada cerita rakyat di Kebumen dengan materi pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan strategi studi kasus (observasi dan wawancara) dan menganalisis beberapa dokumen berupa objek kajian cerita rakyat di Kabupaten Kebumen yang dikaitkan dengan hasil wawancara dengan narasumber yang berkaitan dengan cerita rakyat tersebut, serta hasil wawancara dengan guru dan siswa. Teknik pengambilan subjek penelitian dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumen. Uji validitas data yang digunakan yakni menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yakni reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil  penelitian  ini  sebagai  berikut:  (1)  struktur  cerita  yang  terdapat  pada ketiga cerita rakyat di  Kabupaten Kebumen meliputi (a) tema, (b) tokoh dan penokohan, (c) latar, (d) alur, dan (e) amanat; (2) nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada ketiga cerita rakyat di Kabupaten Kebumen meliputi (a) nilai pendidikan sosial, (b) nilai pendidikan moral, (c) nilai pendidikan agama, (d) nilai pendidikan adat/tradisi, dan (e) nilai pendidikan kepahlawanan; (3) relevansi nilai pendidikan pada cerita rakyat dengan materi pembelajaran sastra di SMP sesuai dengan kriteria Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti serta mengandung nilai- nilai moral di dalamnya.

Kata Kunci: struktural, nilai pendidikan, materi pembelajaran

 

×
Penulis Utama : Eprini Endah Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214014
Tahun : 2018
Judul : Kajian Struktural Cerita dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat di Kabupaten Kebumen dan Relevansinya dengan Materi Pembelajaran Sastra di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia- K1214024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.,
2. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.