Penulis Utama : Meilani Wahyu Pangestika. .
NIM / NIP : K1214036
×

ABSTRAK


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  dan  menjelaskan  mengenai (1) struktur wacana teks resensi; (2) aspek tekstual rubrik resensi; (3) aspek kontekstual rubrik resensi; (4) relevansi rubrik resensi sebagai bahan ajar teks ulasan di SMP; dan (5) relevansi rubrik resensi sebagai bahan ajar teks ulasan di SMA.
Jenis  penelitian  ini  adalah  deskriptif  kualitatif.  Sumber  data  yang  digunakan dalam  penelitian  ini  yaitu  dokumen  dan  narasumber.  Sumber  dokumen  yang digunakan berasal dari rubrik resensi pada surat kabar Solopos edisi bulan Januari- Desember 2017. Selanjutnya narasumber atau informan yakni guru bahasa Indonesia. Sampel   dokumen   maupun   narasumber   diambil   dengan   menggunakan   teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka, dokumentasi, catat, dan wawancara mendalam. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber data dan trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan model analisis analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur wacana rubrik resensi pada surat kabar Solopos edisi bulan Januari-Desember 2017 terdiri dari paragraf pembuka, paragraf penghubung atau isi, dan paragraf penutup. Aspek  tekstual yang mendukung keutuhan dan kepaduan wacana rubrik resensi pada surat kabar Solopos edisi bulan Januari-Desember 2017 terdiri dari topik wacana, aspek kohesi dan koherensi, serta bentuk kata. Aspek kontekstual dalam  rubrik resensi pada surat kabar Solopos edisi Januari-Desember 2017 dapat dipahami melalui empat prinsip penafsiran, yaitu: penafsiran personal, penafsiran lokasional, penafsiran temporal, dan prinsip analogi. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa rubrik resensi pada surat kabar Solopos edisi bulan Januari-Desember 2017 dapat dijadikan bahan ajar materi teks ulasan di SMP dan SMA.


Kata kunci: analisis wacana, resensi, teks ulasan

 

×
Penulis Utama : Meilani Wahyu Pangestika. .
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214036
Tahun : 2018
Judul : Analisis Wacana Rubrik Resensi Pada Surat Kabar Solopos Edisi Januari-Desember 2017 serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Teks Ulasan di SMP dan SMA.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia- K1214036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
2. Dra. Raheni Suhita, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.