Penulis Utama : Mila Widyaningrum
NIM / NIP : M0114028
×

ABSTRAK

 

Misalkan  G adalah  suatu  graf terhubung dengan  himpunan  vertex  V (G ) dan himpunan  edge E (G ). Interval  I [u,v ] antara u dan v merupakan  kumpulan vertex yang termuat dalam path terpendek  u - v. Suatu  vertex s disebut  sebagai pembeda kuat untuk dua vertex u, v ? V (G ) jika v termuat dalam path terpendek u ? s, dinotasikan  dengan v ? I [u,s ] atau  jika u termuat dalam path terpendek v ? s, dinotasikan  dengan u ? I [v,s ]. Misalkan S adalah subhimpunan dari V (G ), S dikatakan himpunan  pembeda kuat pada G jika untuk  setiap dua vertex  pada G dibedakan  kuat  oleh suatu  vertex  di S.   Himpunan  pembeda  kuat  dengan kardinalitas terkecil disebut sebagai basis metrik kuat.  Dimensi metrik kuat yang dinotasikan  sebagai sdim (G ) adalah kardinalitas dari basis metrik kuat pada graf G.
Dalam penelitian ini ditentukan dimensi metrik kuat pada graf sun Sn, graf generalized fan  Fm,n , graf M¨obius ladder Mn , dan graf windmill  K (m). Metode penelitian  yang digunakan  dalam penelitian  ini adalah  kajian pustaka.
Hasil penelitian menyatakan bahwa dimensi metrik kuat pada graf sun ada- lah n ? 1 untuk  n ? 3. Dimensi metrik kuat  pada  graf generalized  f an terdiri dari  tiga  kasus,  yaitu  sdim(Fm,n )  = 2 untuk  m  = 1 dan  n  = 2,  3,  kemudi- an  sdim(Fm,n ) = m  untuk  m  ? 2 dan  n  = 2, dan  selanjutnya sdim(Fm,n ) = n + m?3 untuk  m = 1 dan n ? 4 serta m ? 2 dan n ? 3. Dimensi metrik kuat pada graf M¨obius ladder adalah 2 ? n+4 ? untuk  n ? 5. Dimensi metrik kuat pada graf windmill adalah  (n ? 1)m ? 1 untuk  m ? 2 dan n ? 3.

 

Kata Kunci:   dimensi  metrik  kuat,  himpunan  pembeda  kuat,  graf sun,  graf generalized fan, graf M¨obius ladder, graf windmill

 

×
Penulis Utama : Mila Widyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0114028
Tahun : 2018
Judul : Dimensi Metrik Kuat pada Graf Sun, Graf Generalized Fan, Graf Mo¨ Bius Ladder, dan Graf Windmill
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Program Studi : S-1 Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA, Prog. Studi Sains Matematika- M0114028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D.
2. Drs. Pangadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.