Penulis Utama : Ginanjar Tri Prasetyo
NIM / NIP : K7413069
×

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali (2) Mengetahui pengaruh pembelajaran student center learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran saintifik dan student center learning secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa  pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Boyolali yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket atau kuisoner, dokumen dan diperkuat dengan wawancara siswa. Hasil validitas pada angket variabel saintifik adalah 17 dari 20 pernyataan. Hasil validitas pada angket variabel SCL adalah 17 dari 20. Hasil nilai reliabilitas dari keseluruhan pernyataan yaitu sebesar 0,7/ tinggi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, uji F dan uji t.
    Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali. Hal tersebut didukung dari hasil uji t yang diperoleh yaitu nilai t hitung > t tabel (2,747 > 1,668). (2) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran student center learning (SCL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali. Hal tersebut didukung dari hasil uji t yang diperoleh yaitu nilai t hitung > t tabel (7,244 > 1,668). (3) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran saintifik  dan student center learning (SCL) secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali. Hasil uji f diperoleh nilai probabilitas (0,000) uji tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan 0,10. (4) Sumbangan efektif variabel saintifik dan SCL adalah 12,73% dan 47,16%.

 

×
Penulis Utama : Ginanjar Tri Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413069
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pembelajaran Saintifik Dan Studnet Center Learning (Scl) Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Ekonomi-K7413069-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M.Si
2. Salman Alfarisy Totalia, S.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.