Penulis Utama : Yunita Dianasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0113106
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Gaya Kelekatan dan Iri pada Mahasiswa Pengguna Instagram
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Psikologi- G0113106-2018
Subyek : IRI PADA PENGGUNA INSTAGRAM, GAYA KELEKATAN, MAHASISWA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Beberapa tahun terakhir, Instagram menjadi media sosial yang memiliki perkembangan paling pesat di antara media sosial lainnya. Disadari atau tidak Instagram telah membawa berbagai dampak, salah satunya adalah timbulnya iri di antara penggunanya. Mahasiswa merupakan kelompok usia pengguna Instagram yang paling banyak dan merupakan usia dewasa awal yang berada pada tahap perkembangan  psikososial  intimasi  atau  menjalin  hubungan  dekat.  Hubungan dekat yang dijalin dengan orang lain dapat membentuk dan menggambarkan gaya kelekatan yang dimiliki individu. Gaya kelekatan yang tersusun atas model diri dan model orang lain mengakibatkan perbedaan harga diri dan rasa permusuhan terhadap orang lain  yang turut berperan dalam merespons perbandingan  yang terjadi antara dirinya dengan sesuatu yang ditampilkan orang lain melalui Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang terjadi antara gaya kelekatan dan iri pada mahasiswa pengguna Instagram.
Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  mahasiswa  dewasa  yang menempuh pendidikan  S1  di  UNS  yang  memiliki  Instagram.  Sampel  yang  digunakan sebanyak 294 mahasiswa yang dipilih secara incidental sampling. Instrumen yang digunakan  adalah  skala  iri pada  pengguna  Instagram  (reliabilitas 0,898)  yang disusun berdasarkan aspek iri episodik dari Cohen-Carash (2009) dan skala gaya kelekatan yang terdiri dari dua dimensi, yaitu dimensi kecemasan  (reliabilitas
0,831) dan penghindaran (reliabilitas 0,821) yang diadaptasi dari Experiences in Close Relationships scale (ECR; Brennan, Clark, & Shaver, 1998). Analisis data menggunakan metode statistik regresi linear sederhana menunjukkan adanya hubungan yang negatif antara gaya kelekatan dan iri pada pengguna Instagram (signifikansi 0,000, r sebesar -0,400) sehingga semakin aman gaya kelekatan individu maka semakin rendah skor iri pada pengguna Instagram. Nilai R2  (R Square) sebesar 0,160 menunjukkan sumbangan efektif yang diberikan gaya kelekatan terhadap iri pada pengguna Instagram sebesar 16%.


Kata kunci: Iri pada Pengguna Instagram, Gaya Kelekatan, Mahasiswa

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBARAN PUBLIKASI.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hardjono, M.Si., Psikolog
2. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran