Penulis Utama : Lutvia Damayanthi
NIM / NIP : C0613032
×

Tugas Akhir ini merupakan gagasan imajinasi penulis dalam bentuk karya seni keramik yang terinspirasi dari memedi sawah. Permasalahan yang dibahas adalah 1) Apa yang dimaksud dengan memedi sawah? 2) Nilai apa yang ingin disampaikan melalui karya seni keramik dengan tema kebangkitan memedi sawah? 3) Bagaimana mengolah atau mengembangkan dan merepresentasikan kembali bentuk memedi sawah ke dalam sebuah karya seni keramik?
Kebangkitan memedi sawah dalam sebuah karya seni keramik merupakan sebuah karya yang penuh akan makna, berfungsinya kembali atau bangkitnya semangat memedi sawah dalam melawan hama sawah. Dibalik ungkapan itu menyampaikan pesan bahwa visualisasi bentuk memedi sawah adalah sebagai rakyat dan hama adalah sebagai koruptor. Pembuatan karya ini diharapkan mampu untuk menyampaikan pesan bahwa sebagai rakyat harus peduli akan kesejahteraan bersama , hal itu dapat dilakukan melalui pemberantasan tindakan korupsi. 
Dalam karya tugas akhir ini bentuk-bentuk dari memedi sawah diolah secara imajinatif dan kreatif melalui sebuah desain dan sketsa yang kemudian diaplikasikan dalam media tanah liat. Teknik yang digunakan dalam pembuatan karya seni keramik adalah dengan teknik slap, pich dan coil. Untuk penyajian terdapat dua cara yaitu dengan cara karya digantung dan diletakkan. Penyajian juga membutuhkan beberapa unsur pendukung agar tema karya lebih terasa, yaitu seperti beras, tanah sawah dan daun-daun kering serta penataan lampu atau lighting yang disesuaikan dengan karya.

 

×
Penulis Utama : Lutvia Damayanthi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0613032
Tahun : 2017
Judul : Kebangkitan Memedi Sawah dalam Sebuah Karya Seni Keramik
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2017
Program Studi : S-1 Seni Rupa Murni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Jur. Seni Rupa Murni-C0613032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Novita Wahyuningsih, S. Sn., M. Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.