Penulis Utama : Meika Anjani
NIM / NIP : C0113033
×

Penelitian  ini  membahas  tentang  tindak  tutur  ekspresif  yang  terdapat dalam naskah drama berjudul Sacuwiling Ati lan Wengi karya Suliyanto. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bentuk penanda dan maksud tindak tutur ekspresif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk penanda dan maksud tindak tutur ekspresif dalam  naskah drama tersebut.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Data dan sumber data dalam peneltian ini berupa data tulis yang berisi percakapan atau tuturan yang mengandung tindak tutur ekspresif terdapat dalam naskah drama berjudul Sacuwiling Ati lan Wengi karya Suliyanto. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode simak  dengan  teknik  simak  bebas  libat  cakap  dan  teknik  catat.  Analisis  data dengan menggunakan metode kontekstual dan metode padan dengan teknik padan pragmatis. Penelitian ini menggunakan metode penyajian formal dan informal untuk hasil analisis data.
Hasil analisis data: (1) bentuk penanda tindak tutur ekspresif dalam naskah drama yang berjudul Sacuwiling Ati lan Wengi karya Suliyanto adalah bentuk penanda segmental yang berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat. Bentuk penanda suprasegmental yang berupa tanda titik (.), tanda tanya (?), dan tanda seru (!). Dari semua bentuk penanda tersebut ditemukan 21 tindak tutur ekspresif, yaitu TTE berterima kasih, TTE memuji, TTE meminta maaf, TTE menolak, TTE menyalahkan, TTE menyindir, TTE mengkritik, TTE mengejek, TTE mengeluh, TTE menyetujui, TTE mengungkapkan rasa senang, TTE mengungkapkan rasa bersalah, TTE mengungkapkan rasa gugup, TTE mengungkapkan rasa heran, TTE mengungkapkan rasa iba, TTE mengungkapkan rasa malas, TTE mengungkapkan rasa sedih, mengungkapkan rasa kaget atau terkejut, mengungkapkan rasa marah, TTE mengungkapkan rasa takut, dan TTE mengungkapkan rasa kecewa. (2) Maksud tindak tutur ekspresif yang ada dalam naskah drama berjudul Sacuwiling Ati lan Wengi karya Suliyanto ada 21, yaitu berterima kasih, memuji, meminta maaf, menolak, menyalahkan, menyindir, mengkritik, mengejek, mengeluh, menyetujui, mengungkapkan rasa senang, mengungkapkan rasa bersalah, mengungkapkan rasa gugup, mengungkapkan rasa heran, mengungkapkan rasa iba,  mengungkapkan  rasa  malas,  mengungkapkan  rasa  sedih,  mengungkapkan rasa kaget atau terkejut, mengungkapkan rasa marah, mengungkapkan rasa takut, dan mengungkapkan rasa kecewa.

 

×
Penulis Utama : Meika Anjani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113033
Tahun : 2017
Judul : Kajian Tindak Tutur Ekspresif dalam Naskah Drama Sacuwiling Ati lan Wengi Karya Suliyanto
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C0113033-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Y. Suwanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.