Penulis Utama : Abidatul Kumala
NIM / NIP : H0813002
×

ABSTRAK

Subsektor hortikultura Indonesia mempunyai peran yang signifikan dalam pembangunan perekonomian. Berdasarkan data menurut BPS tentang nilai PDB atas harga berlaku pada sektor pertanian tahun 2012-2016 dapat diketahui bahwa nilai PDB tanaman hortikultura mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, hingga pada tahun 2016 mencapai 186,90 Triliun Rupiah. Salah satu komoditas unggulan dari subsektor hortikultura yaitu komoditas buncis. Buncis sebagai salah satu tanaman hortikultura memegang peranan penting dalam Agroindustri dan Agrobisnis. Usaha atau dalam kegiatan pembudidayaannya buncis membutuhkan tenaga kerja yang banyak, seperti tenaga kerja pengolahan pasca panen.
PT  Bumi  Sari  Lestari  Magelang  merupakan  salah  satu  perusahaan penghasil komoditas hortikultura, salah satunya buncis yang menyerap sebagian tenaga kerja wanita di Kabupaten Magelang sebagai tenaga sortasi. Secara umum minat wanita dalam bekerja di bagian sortasi disebabkan karena pekerjaan bagian sortasi  tergolong  tidak  sulit.  Tenaga  kerja  wanita  memiliki  ketelitian  dan kesabaran yang lebih besar dibandingkan dengan pria sehingga diharapkan dapat bekerja lebih produktif, akan tetapi banyak faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas tenaga kerja wanita bagian sortasi komoditas buncis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar produktivitas kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja wanita bagian sortasi komoditas buncis di PT Bumi Sari Lestari Magelang.
Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan teknik survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, yaitu dilaksanakan di PT Bumi Sari Lestari Magelang. Pengambilan sampel responden dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus, dengan mengambil responden sebanyak 36 tenaga kerja wanita. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar produktivitas tenaga kerja wanita  bagian  sortasi  komoditas  buncis  di  PT  Bumi  Sari  Lestari  Magelang berkisar  paling  sedikit  sebesar  23,92  Kg  per  Hari  Orang  Kerja  (HOK),  dan terbesar produktivitas kerjanya sebesar 28,45 Kg per Hari Kerja Orang (HOK). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, variabel-variabel independen berupa umur, lama kerja, pendidikan, upah, disiplin kerja, dan status kerja secara bersama-sama  berpengaruh  nyata  terhadap  produktivitas  tenaga  kerja  wanita sortasi  di  PT  Bumi  Sari  Lestari  Magelang.   Secara  individu  faktor   yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja adalah disiplin kerja dan status kerja. Faktor  disiplin  kerja  merupakan  faktor  yang  dominan  mempengaruhi produktivitas kerja.
Kata kunci : Produktivitas Tenaga Kerja Wanita, Sortasi Komoditas Buncis, PT Bumi Sari Lestari Magelang

 

×
Penulis Utama : Abidatul Kumala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813002
Tahun : 2018
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Wanita Bagian Sortasi Komoditas Buncis di PT Bumi Sari Lestari Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian, Prog. Studi Agribisnis- H0813002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Ir. Suprapti Supardi, MP
2. Dr. Agr. Sc. Ernoiz Antriyandarti SP., MP., M. Ec
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.