Penulis Utama : Fahrozi Amri
NIM / NIP : K1510019
×

ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengefektifkan dan memudahkan proses pembelajaran mata kuliah pilihan maket; (2) memudahkan mahasiswa ataupun pembuat maket pemula mengerjakan maket; (3)  sarana yang praktis dalam menunjang pengajar menyampaikan materi maket.
    Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan  Reserch and Development (R & D).  Penelitian dilaksanakan melalui langkah-langkah prosedural, yang pertama adalah pembuatan media video pembelajaran maket. Kemudian media tersebut divalidasi kepada ahli media, ahli subtansi atau materi, dan ahli instruksional, setelah dinyatakan layak oleh para ahli, media pembelajaran diuji cobakan kepada mahasiswa sebanyak dua kali, yang pertama uji coba kelompok kecil dan yang kedua uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data melalui angket, dengan indikator keberhasilan  > 65 % untuk pendapat ahli, dan > 70 % untuk pendapat mahasiswa.
    Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli media sebesar 94,6%, ahli subtansi atau materi sebesar 81,25%, dan ahli instruksional sebesar 90,91%. Kemudian pada uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 84,68 %, dan uji coba lapangan sebesar 79,67.
    Simpulan penelitian ini adalah video pembelajaran maket layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : video pembelajaran, maket, video maket, membuat maket

 

×
Penulis Utama : Fahrozi Amri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1510019
Tahun : 2017
Judul : Video Pembelajaran Maket Sebagai Pendalaman Materi Mata Kuliah Maket di Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : Video Pembelajaran Maket Sebagai Pendalaman Materi Mata Kuliah Maket di Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Chundakus Habsya, M.SA.
2. Budi Siswanto, S.Pd, M.Ars.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.