Penulis Utama : Rismaya Winiasih
NIM / NIP : K3310075
×

ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Adanya korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa Ikatan Kimia. (2) Adanya korelasi antara memori dengan prestasi belajar (3) Adanya korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan memori   bersama-sama dengan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan dilakukan pada siswa kelas X SMAN 2 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk  mengukur  prestasi  belajar  pada  materi  ikatan  kimia  dan  kemampuan berpikir kritis serta kemampuan memori. Uji hipotesis  dilakukan menggunakan analisis multiple regession dengan bantuan aplikasi SPSS 18.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan:   (1) Ada korelasi antara kemampuan memori dengan prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,673, bentuk korelasi positif, semakin tinggi kemampuan memori maka prestasi belajar siswa cenderung semakin tinggi. (2)  Ada korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,481, bentuk korelasi positif, semakin tinggi kemampuan berpikir kritis maka prestasi belajar siswa cenderung semakin tinggi. (3) Ada korelasi antara kemampuan memori dan kemampuan berpikir kritis bersama sama terhadap prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,757, bentuk korelasi positif, semakin tinggi kemampuan memori dan kemampuan berpikir kritis maka prestasi belajar siswa cenderung semakin tinggi.

Kata  kunci:  Kontribusi,  Kemampuan  Berfikir  Kritis,  Kemampuan  Memori, Prestasi Belajar

 

×
Penulis Utama : Rismaya Winiasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3310075
Tahun : 2017
Judul : Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Memori terhadap Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X IPA Semester 1 SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prog. Studi Pendidikan Kimia - K3310075-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi,
2. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.