Penulis Utama : Rizal Fauzi
NIM / NIP : K4613127
×

ABSTRAK

Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk  meningkatkan  hasil  belajar  passing bawah bolavoli melalui  penggunaan modifikasi sarana pembelajaran pada peserta didik kelas XI D AP SMK Wikarya Karanganyar tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI D SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 35 peserta didik putri. Sumber data berasal dari  guru,  peserta didik  dan peneliti. Tekhnik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tekhnik triangulasi data. Analisis data menggunakan tekhnik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Dari hasil penelitian ini analisis yang diperoleh dari kondisi awal peserta didik yang lulus hanya 14 peserta didik atau 40 %, di siklus pertama peserta didik yang lulus menjadi 20 peserta didik atau 57,14 % dan di siklus kedua peserta didik yang lulus menjadi 31 peserta didik atau 88,60 % sedangkan 4 peserta didik lainnya belum tuntas.
Simpulan  dari  penelitian  ini  adalah  dengan  menggunakan  modifikasi sarana pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada  peserta  didik  kelas  XI  D  AP  SMK  Wikarya  Karanganyar  tahun  ajaran
2017/2018.


Kata Kunci : Modifikasi sarana pembelajaran, hasil belajar passing bawah bolavoli.

 

×
Penulis Utama : Rizal Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613127
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Melalui Penggunaan Modifikasi Sarana Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas XI D AP SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prog. Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4613127-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.