Penulis Utama : Rizky Noor Aditama
NIM / NIP : K2511043
×

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui standar kompetensi dasar program keahlian otomotif kelas X SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun pelajaran 2015/2016; (2) mengetahui hasil belajar siswa; dan (3) mengetahui cara berpikir siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan Kurikulum 2013.
Penelitian ini  merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti dapat menggambarkan objek penelitian secara holistik berdasarkan realitas yang ada dilapangan. Tujuan penelitian ini untuk membuat deskripsi secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta yang diselidiki. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Guru dan siswa kelas X TO B Program Keahlian Otomotif SMK Bhinneka Karya Surakarta berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.
Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya pencapaian kompetensi belajar siswa dengan penerapan Kurikulum 2013, khususnya pada mata pelajaran Kompetensi Dasar Otomotif di SMK Bhinneka Karya Surakarta. Penerapan Kurikulum 2013 lebih efisien dalam menilai aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan  aspek spiritual para siswa. Berdasarkan data nilai hasil ulangan akhir semester kedua menunjukkan bahwa setelah diterapkan Kurikulum 2013, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22,74?ri persentase 36,36% menjadi 59,1%.

Kata kunci: kompetensi siswa, keahlian otomotif, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Rizky Noor Aditama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2511043
Tahun : 2017
Judul : Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Bhinneka Karya Surakarta pada Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Otomotif Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prog. Studi Pendidikan Teknik Mesin - K2511043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir Husin Bugis, M.Si.,
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.