Penulis Utama : Ardiyansyah Mega Sejati
NIM / NIP : C0913007
×

ABSTRAK

Latar belakang proyek Tugas Akhir  ini adalah banyaknya peminat motif batik khas sragen namun pengrajin tidak mampu untuk memenuhinya. Serta diharapkan hasil perancangan ini menambah keanekaragaman motif batik khas sragen dan dapat sebagai sumbangan ide kepada para pengrajin batik di Sragen untuk melihat potensi lokal yang dapat diangkat menjadi motif batik.

Metode yang dipakai yaitu metode desain dengan melewati 3 tahap yakni metode perancangan, konsep dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.

Hasil perancangan tugas akhir ini menghasilkan enam desain batik yang bertemakan hasil pertanian pala kesimpar yang meliputi buah semangka, melon, mentimun, kacang panjang, waluh dengan penggambaran dekoratif. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah batik tulis. Teknik pewarnaan colet menggunakan zat pewarna remasol. Bahan menggunakan kain euca tencel (serat kayu putih), karena memiliki sifat mudah menyerap warna dan keringat sehingga cocok digunakan untuk pewarnaan sintetis dan diaplikasikan pakaian.

Kata Kunci : Batik Tulis, Potensi Pertanian Pala Kesimpar, Kabupaten Sragen

×
Penulis Utama : Ardiyansyah Mega Sejati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913007
Tahun : 2017
Judul : Perancangan Batik Tulis dengan Inspirasi Potensi Pertanian Pala Kesimpar Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2017
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Studi Kriya Tekstil-C0913007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
2. Ratna Endah Santoso, S. Sn. M. Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.