Penulis Utama : Emiliana Saras Oktafiani
NIM / NIP : K6413024
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam memberikan penguatan kesadaran moral remaja di Desa Pentur Kabupaten Boyolali; (2) untuk mengetahui hambatan masyarakat dalam memberikan penguatan kesadaran moral remaja di Desa Pentur Kabupaten Boyolali; (3) untuk mengetahui cara masyarakat mengatasi hambatan dalam memberikan penguatan kesadaran moral remaja di Desa Pentur Kabupaten Boyolali.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif   deskriptif.   Sumber  data   diperoleh   dari   informan,  peristiwa,   dan dokumen.   Teknik  pengambilan   subjek   penelitian   yang   digunakan   adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Sajian data, (4) Pengambilan Kesimpulan.   Adapun   prosedur   penelitian   dengan   langkah-langkah  sebagai berikut: (1) Tahapan persiapan, (2) Tahapan pengumpulan data, (3) Tahap analisis data, (4) Tahap penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Partisipasi masyarakat yang  dilakukan  oleh  Yayasan  Tumpi  Indonesia,  Perangkat  Desa Pentur dan tokoh masyarakat belum optimal, hal ini dapat dilihat di Desa Pentur masih adanya kenakalan remaja. Adapun penyebab partisipasi masyarakat yang dilakukan oleh Yayasan Tumpi Indonesia, Perangkat Desa Pentur dan tokoh masyarakat belum optimal disebabkan karena masih kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap kesadaran moral remaja, sehingga masyarakat biasa kurang berperan  aktif  dalam  kegiatan  yang  sudah dilaksanakan;  (2)  hambatan  yang dialami masyarakat dalam memberikan penguatan kesadaran moral remaja, antara lain: Pertama, kurangnya komunikasi antara masyarakat dengan remaja. Kedua, kesibukan masyarakat dalam bekerja; (3) cara masyarakat mengatasi hambatan dalam memberikan kesadaran moral remaja di Desa Pentur Kabupaten Boyolali, antara lain: Pertama, mengarahkan remaja untuk ikut kegiatan karangtaruna. Kedua,  Yayasan  Tumpi  Indonesia  memberikan  sosialisasi  kepada  masyarakat untuk meningkatkan sistem ketahanan keluarga.

Kata kunci: partisipasi masyarakat, kesadaran moral remaja.

×
Penulis Utama : Emiliana Saras Oktafiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413024
Tahun : 2017
Judul : Partisipasi Masyarakat dalam Memberikan Penguatan Kesadaran Moral Remaja di Desa Pentur Kabupaten Boyolali Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan-K6413024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erna Yuliandari, S.H, M.A.,
2. Dr. Moh.Muchtarom, S.Ag, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.