Penulis Utama : Ardilla Islamiyah
NIM / NIP : C1013009
×

ASBTRAK

Penelitian ini membahas: 1) Bagaimana struktur teks dua syair ritsa’ dalam di>wa>n Hafidz Ibrahim berdasarkan teori struktural Hasan Syadzili Farhud, 2) Bagaimana musikalitas dua syair ritsa’ yang meliputi pola irama (bachr) dan rima (qa>fiyah) dalam di>wa>n Hafidz Ibrahim berdasarkan‘ilmul-‘aru>dh wal-qawa>fi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menguraikan struktur teks dua syair ritsa’ dalam di>wa>n Hafidz Ibrahim, 2) Mengungkapkan dan menjelaskan musikalitas dua syair ritsa’ dalam di>wa>n Hafidz Ibrahim. Untuk mencapai tujuan yang pertama, peneliti menggunakan struktural model Farhud sebagai teori struktur dalam sebuah teks yang meliputi gagasan, perasaan, imajinasi, bahasa syair dan musik syair. Ada pun untuk tujuan kedua, peneliti menggunakan ‘ilmul-‘aru>dh wal-qawa>fi sebagai ilmu yang membahas pola irama dan rima dalam syair Arab. Secara keseluruhan, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis berupa teknik pustaka melalui sumber data primer berupa di>wa>n Hafidz Ibrahim dan sumber data sekunder berupa buku-buka acuan yang berkaitan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan menjadi beberapa hal yaitu sebagai berikut; Pertama, Gagasan utama dalam kedua syair adalah ratapan kematian yang menciptakan perasaan sedih dan duka cita. Perasaan tersebut dirasakan melalui pengimajinasian penyair yang tertuang dalam bentuk tasybi>h, isti’a>rah, dan kina>yah. Imajinasi tersebut disampaikan dengan bahasa yang sederhana dengan struktur yang sesuai dengan kaidah sintaksis. Kedua, berdasarkan kajian ilmul-‘aru>dh wal-qawa>fi kedua syair ritsa>’ memiliki musikalitas yang baik karena konsistensinya dalam membangun irama dan rima.
Kata kunci: Dua Syair Ritsa>’, Struktural Farhud, ‘ilmul-‘aru>dh wal-qawa>fi.

 

×
Penulis Utama : Ardilla Islamiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1013009
Tahun : 2017
Judul : Dua Syair Ritsa’ Dalam Diwan Hafidz Ibrahim (2012): Kajian Struktur Teks Dan Musikalitas Syair Arab
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-P. Ilmu Budaya Jur. Studi Sastra Arab-C1013009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eva Farhah, M.A., Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.