Penulis Utama : Habib Rizqy Wahyu Azisa
NIM / NIP : C1013020
×

ASBTRAK

Penelitian ini membahas: (1) perubahan penggunaan bahasa Arab ke Turki (2) Dampak perubahan penggunaan bahasa Arab ke Turki pada masa Mustafa Kemal Attaturk.
Metode dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan perubahan penggunaan bahasa Arab ke dalam bahasa Turki yang dilakukan oleh Mustafa Kemal Attaturk dan dampak perubahan bahasa tersebut terhadap kebudayaan di Turki.
Berdasarkan penelitian ini disimpulkan, Mustafa Kemal Attaturk sebagai Presiden Republik Turki banyak mengeluarkan kebijakan yang sifatnya sekuler, salah satunya adalah perubahan penggunaan bahasa Arab ke dalam bahasa Turki. Perubahan tersebut dilaksanakan dengan dua tahap, tahap pertama dengan mengganti tulisan Arab menjadi tulisan latin dan tahap kedua dengan memurnikan bahasa Turki. Perubahan tersebut memiliki dampak di berbagai bidang. Pada bidang sosial masyarakat, dengan digantinya aksara Arab menjadi aksara latin menjadikan tingkat melek huruf di Turki meningkat. Pada bidang agama, terjadi banyak pemberontakan dikarenakan Mustafa Kemal merubah bahasa dalam semua jenis peribadatan umat Islam. Pada bidang pendidikan terjadi penghapusan pelajaran bahasa Arab di sekolah-sekolah. Dalam bidang politik, kebijakan perubahan bahasa dijadikan alat politik untuk meraih dukungan rakyat oleh salah satu partai politik.
Kata Kunci : Perubahan Penggunaan, Bahasa Arab, Bahasa Turki, Mustafa Kemal Attaturk, Dampak Kebudayaan

 

×
Penulis Utama : Habib Rizqy Wahyu Azisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1013020
Tahun : 2017
Judul : Perubahan Penggunaan Bahasa Arab Ke Dalam Bahasa Turki Pada Masa Mustafa Kemal Attaturk Dan Dampaknya Terhadap Kebudayaan Di Turki (1923-1938 M)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-P. Ilmu Budaya Jur. Studi Sastra Arab-C1013020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 3. M. Farkhan Mujahidin, S.Ag, M.Ag.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.