Penulis Utama : Widi Kisniantoro
NIM / NIP : K2513070
×

ABSTRAK


Penelitian ini didasari karena belum adanya penilaian terhadap kinerja BKK di SMK PGRI 1 Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) konteks (context) kinerja BKK yang meliputi (a) tujuan BKK, (b) tugas dan fungsi BKK, (c) relevansi kebutuhan siswa; (2) masukan (input) kinerja BKK yang meliputi (a) sumber daya manusia, (b) sarana prasarana, (c) ADART/SOP, (d) pendanaan; (3) proses (process) yang meliputi (a) pengelolaan BKK, (b) siswa, (c) hambatan kinerja BKK; (4) produk (Products) kinerja BKK yaitu hasil pencapaian BKK.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi kualitatif model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Responden yang menjadi data objek penelitian ini yaitu kepala sekolah,
2 pengurus BKK dan 70 siswa kelas XII. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Validitas butir angket yang digunakan adalah validitas logika. Teknik analisis wawancara menggunakan analisis triangulasi dan analisis angket melalui analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan kriteria penilaian.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi terhadap konteks (context) kinerja BKK sudah cukup, aspek ini meliputi (a) terlaksanannya tujuan BKK, (b) pelaksanaan  tugas  dan  fungsi  BKK masih  rendah,  (c)  adanya  relevansi  BKK terhadap kebutuhan siswa; (2) evaluasi terhadap masukan (input) kinerja BKK masih rendah. Aspek masukan meliputi: (a) sumber daya manusia yang ada masih kurang, (b) sarana prasarana yang ada sudah baik, (c) SOP masih perlu disediaan, (d) pendanaan kegiatan BKK masih kurang; (3) evaluasi terhadap proses (process) kinerja BKK sudah cukup. Aspek proses meliputi: (a) pengelolaan BKK sudah cukup, (b) peran siswa, (c) hambatan yang ditemui; (4) evaluasi terhadap produk (Products) kinerja BKK pada aspek hasil pencapaiannya masih rendah.

Kata kunci: Evaluasi Program, CIPP, Kinerja BKK

 

×
Penulis Utama : Widi Kisniantoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513070
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK PGRI 1 Surakarta dengan Menggunakan Model Cipp
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prog. Studi K2513070-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T.
2. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.