Penulis Utama : Maria Antonetta
NIM / NIP : C0912014
×

ABSTRAK

Maria Antonetta. C0912014. 2017. Eksistensi Kebaya Kutu Baru Masa Kini Di Surakarta. Skripsi. Jurusan Kriya Seni/ Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta
    Permasalahan dalam kajian skripsi ini yaitu mengenai eksistesnsi kebaya kutu baru masa kini yang merupakan salah satu pakaian tradisional masyarakat Surakarta yang masih digunakan sampai saat ini. Kebaya kutu baru dapat bertahan dengan perubahan budaya yang terjadi di masyarakat Surakarta belakangan ini. Permasalahan tersebut akan dikaji melalui latar belakang penciptaan kebaya kutu baru, bagaimana proses perwujudan kebaya kutu baru yang ada di masyarakat Surakata,  sampai dengan perkembangan kebaya kutu baru masa kini.
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai kebaya kutu baru di Surakarta dari segi latar belakang, perwujudan, serta perkembangannya. Dalam penelitian ini kebaya kutu baru akan dikaji berdasarkan teori estetika yang bertolak pada tiga sudut pandang yaitu bentuk, makna serta daya. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik cuplikan, untuk memperkuat data yang diperoleh adapun dengan menggunakan stategi dan bentuk pendekatan, berupa pengumpulan data mulai dari dokumentasi, observasi serta wawancara.
    Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal:1). Latar belakang konsep penciptaan kebaya kutu  baru yaitu karena alkulturasi budaya serta agama yang terjadi di Surakarta sehingga dibuatlah kebaya kutu baru sebagai penutup tubuh yang dianggap lebih sopan 2). Bentuk yang disajikan kutu baru klasik dan juga  kutu baru modern banyak memiliki perbedaan hal ini diakibatkan banyak inovasi yang dilakukan para desainer kebaya yang dituntut membuat pakaian yang lebih praktis untuk digunakan. 3). Daya saing kebaya ini sangat baik terbukti sampai saat ini masih banyak kaum wanita khususnya di Surakarta mengenakan pakaian ini.

Kata Kunci:  Kebaya kutu Baru, Tradisional, Surakarta, Pakaian

 

×
Penulis Utama : Maria Antonetta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0912014
Tahun : 2017
Judul : Eksistensi Kebaya Kutu Baru di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2017
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD, Prog. Studi Kriya Tekstil- C0912014-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr,Nanang Rizali, MSD
2. Ir. Adji Isworo Josef, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.