Penulis Utama : Ade Darmawan Effendi
NIM / NIP : S641408012
×

ABSTRAK


Sektor pertanian merupakan sektor andalan di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi. Salah satu komoditi yang dapat dimanfaatkan yaitu jagung. Jagung (Zea mays) merupakan pangan utama dan pengganti bagi masyarakat di Nusa Tengara Timur (NTT), walaupun demikian budidaya jagung di NTT belumlah optimal karena masih ditanam secara tradisional. Namun produksi jagung di NTT masih fluktuatif dan cenderung mengalami penurunan, salah satunya berada di Kabupaten Kupang. Menurunnya produksi jagung di Kabupaten Kupang disebabkan oleh berbagai hal diantaranya faktor lingkungan, hama, benih, sistem tanam tradisional dan luas lahan yang terus menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh variabel input dan variabel input yang paling dominan terhadap produksi jagung.
Penelitian ini dilaksanankan di enam (6) desa pada tiga (3) kecamatan di Kabupaten Kupang  yang  dipilih  secara  purposive  sampling  yaitu  Kecamatan  Fatuleu,  Kecamatan Taebenu  dan  Kecamatan  Amfoang  Utara.  Penelitian  ini  dilaksanakan  pada  bulan  April sampai Juni 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah petani jagung yang berada di enam (6) Desa pada tiga (3) Kecamatan di Kabupaten Kupang. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Besarnya anggota sampel yang dipilih dari tiap-tiap kecamatan adalah 30 petani. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi produksi jagung digunakan model fungsi produksi Cobb Douglas. Dalam penelitian ini ditetapkan delapan (8) faktor produksi yang relevan  untuk  diestimasi  yaitu  luas  lahan,  tenaga  kerja,  jumlah  tanaman,  benih,  pupuk natrium, pupuk fospat, pupuk kalium dan pestisida, sedangkan untuk mengetahui hubungan antar faktor akan digunakan analisis regresi berganda.
Hasil analisis regresi menunjukan bahwa di Kabupaten Kupang variabel faktor produksi yang berpengaruh adalah jumlah tanaman (X3), pupuk nitrogen (X5) dan pestisida (X8) dengan nilai probabilitas 0,05 pada ? 5 % dengan Fungsi produksi Cobb Douglas : Y = (-576.723) - 301,801 X1   77,297 X2 + 0, 036 X3 + 5,437 X4 + 47,170 X5   + 31,095 X6 –
17,760 X7 + 412,998 X8 + e

Kata kunci : Kabupaten Kupang, Produksi Jagung.

 

×
Penulis Utama : Ade Darmawan Effendi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S641408012
Tahun : 2017
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Jagung di Kabupaten Kupang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana, Prog. Studi Magister Agribisnis - S641408012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr.Ir. Suprapti Supardi, MP.
2. Dr.Ir. Kusnandar, MSi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.