Penulis Utama : Jamilah Candra Pratiwi
NIM / NIP : S031502013
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mana keterampilan menulis narasi yang lebih baik, kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajara kooperatif tipe Paired Storytelling atau kelompok siswa yang belajar dengan model Ekspositori; (2) mana keterampilan menulis narasi yang lebih baik, kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi atau kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi experimental) dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Se- Kota Surakarta. Sampel penelitian 5 SD yang diambil dari masing-masing kecamatam di Kota Surakarta dengan multy stage random sampling. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan angket. Tes digunakan untuk mengambil data keterampilan menulis narasi; angket digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa. Uji validitas tes keterampilan menulis narasi menggunakan validitas isi. Uji validitas butir soal angket motivasi belajar menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas tes keterampilan menulis narasi dengan teknik uji reliabilitas rating sedangkan uji reliabilitas butir soal angket motivasi belajar menggunakan koefisien ? cronbach. Uji Normalitas populasi menggunakan metode Lilliefors, metode Bartlet digunakan untuk menguji homogenitas populasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua jalan (Anava Dua Jalan), dan uji lanjut pasca anava menggunakan Scheffe.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan 1) keterampilan menulis narasi siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe Paired Storytelling lebih baik daripada keterampilan menulis narasi siswa yang belajar dengan model pembelajaran Ekspositori; 2) keterampilan menulis narasi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada keterampilan menulis narasi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis narasi. interaksi tersebut adalah a) pada model pembelajaran Kooperatif tipe Paired Storytelling, keterampilan menulis narasi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah; b) pada model pembelajaran Ekspositori, keterampilan menulis narasi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah; c) pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, keterampilan menulis narasi siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Storytelling lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Ekspositori; d) pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Paired Storytelling menghasilkan keterampilan menulis narasi yang sama dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Ekspositori.


Kata kunci : keterampilan menulis narasi, model pembelajaran Paired Storytelling, motivasi belajar

 

×
Penulis Utama : Jamilah Candra Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031502013
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Narasi (Penelitian Eksperimen Siswa Kelas V SD Negeri Se- Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S031502013-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Dr. Rukayah, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.