Penulis Utama : Nur Meily Adlika
NIM / NIP : S881508015
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik bahan ajar pembelajaran geografi berbasis problem based learning pada materi pokok mitigasi bencana alam; 2) mengetahui kelayakan bahan ajar pembelajaran geografi berbasis problem based learning pada materi pokok mitigasi bencana alam; 3) mengetahui efektivitas bahan ajar pembelajaran geografi berbasis problem based learning pada materi pokok mitigasi bencana alam.
Penelitian pengembangan bahan ajar pembelajaran geografi berbasis problem based learning menggunakan prosedur 4-D oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Develop. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan antara lain lembar angket, lembar observasi, dan lembar penilaian. Data penilaian kelayakan bahan ajar pembelajaran berbasis problem based learning diolah dengan menggunakan rumus deskriptif persentatif, sedangkan analisis data efektivitas digunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian disimpulkan: 1) bahan ajar pembelajaran geografi berbasis problem based learning pada materi pokok mitigasi bencana alam telah berhasil dikembangkan dengan karakteristik secara teknis dibuat menggunakan aplikasi Corel Draw 6. Materi dalam bahan ajar pembelajaran geografi berbasis problem based learning memiliki keunggulan dengan adanya kegiatan pembelajaran sesuai dengan pendekatan problem based learning. Terdapat geo info,  rangkuman materi dan latihan soal pada akhir kegiatan belajar yang dapat menguji pengetahuan siswa terhadap materi mitigasi bencana alam. 2) bahan ajar pembelajaran geografi berbasis problem based learning layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi mitigasi bencana alam. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi dosen ahli materi, ahli media, dan guru geografi yang menunjukkan rata-rata nilai 78,03. 3) Bahan ajar pembelajaran berbasis problem based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mitigasi bencana alam. Hal ini dibuktikan dengan -thitung < -ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah penggunaan bahan ajar berbasis problem based learning.
Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar pembelajaran berbasis problem based learning, mitigasi bencana alam

 

×
Penulis Utama : Nur Meily Adlika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881508015
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pokok Mitigasi Bencana Alam untuk Siswa Kelas XI SMA N 1 Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prog. Studi Magister Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup - S881508015-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si, M.Si, Ph.D.
2. Dr. Yasin Yusup, S.Si, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.