Penulis Utama : Ayu Intan Nurani
NIM / NIP : I0113020
×

ABSTRAK

Menurut Buku Informasi Statistik Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2015) kurang dari 50 persen jembatan di provinsi Jawa Tengah berkondisi baik. Sementara itu di kota Solo, kondisi jembatan lokal juga mengalami mengalami deteriorasi dan kerusakan. Namun program pemeliharaan belum dapat secara efektif membantu memecahkan masalah ini. Selain ketidakakuratan data, tidak adanya sistem  yang tepat membuat pemeliharaan jembatan pada tingkat lokal (kota) menjadi tidak efektif. Tindakan pemeliharaan dan rehabilitasi lebih sering dilakukan berdasarkan pada laporan insidental semata tanpa perencanaan yang sistematis. Pemerintah lokal (tingkat 1 dan 2) sangat membutuhkan dukungan sistem pengambilan keputusan yang dapat secara sistematis dan efektif melancarkan program pemeliharaan dan rehabilitasi jembatan lokal.

Dalam  skripsi  ini,  Bridge  Management  System  1993  (BMS  1993)  digunakan untuk melakukan kuantifikasi kondisi kerusakan jembatan dari hasil observasi langsung di  lapangan.  Lebih  lanjut  penelitian  mendemonstrasikan  penyusunan skala prioritas pemeliharaan jembatan dibawah tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta dengan memanfaatkan  IBMS dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Kriteria yang digunakan berdasarkan dari BMS yaitu nilai kondisi dan volume lalu lintas (LHR). Untuk kriteria nilai kondisi dibagi lagi menjadi subkriteria aliran sungai/ timbunan, bangunan pengaman, fondasi, kepala jembatan/ pilar, sistem gelagar, sandaran, sistem lantai, expansion joint, dan pelengkap.

Dari hasil analisa didapatkan prioritas pertama pemeliharaan jembatan dengan analisis menggunakan program BMS adalah Jembatan Munggung dengan besar nilai kondisi sama dengan 4, sedangkan prioritas pertama pemeliharaan jembatan menurut metode AHP adalah Jembatan Maris dengan bobot prioritas sebesar 0,2. Perbedaan metode yang digunakan berpengaruh pada urutan prioritas jembatan selanjutnya.

Kata  kunci:  Pemeliharaan  Jembatan.  Bridge  Management  System,  Analisis
Prioritas, IBMS, Analytical Hierarchy Process

 

×
Penulis Utama : Ayu Intan Nurani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113020
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Analisis Prioritas Pemeliharaan Jembatan dengan Metode Bridge Management System (BMS) dan Analytical Hierarchy Process (AHP)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Teknik, Prog. Studi Teknik Sipil- I0113020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widi Hartono, S.T., M.T.
2. Dr. Senot Sangadji, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.