Penulis Utama : Naufal Wibisono
NIM / NIP : I0113094
×

ABSTRAK

 

Evaluasi gedung tahan gempa berbasis kinerja di Indonesia sangat penting karena sebagian besar wilayah Indonesia rawan terhadap gempa. Salah satu sarana untuk mengevaluasi kinerja seismik struktur bangunan adalah Incremental Dynamic Analysis (IDA). Prosedur IDA  yaitu dengan melakukan nonlinear time-history analysis yang dilakukan dengan penyekalaan kebawah dan keatas hingga drift ratio diatas 6% atau flatline yang menunjukan bangunan sudah mulai runtuh. Pada penelitian  ini  dilakukan  evaluasi  kinerja  seismik  pada  bangunan  Rusunawa Cilacap dengan kelas situs tanah sedang.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan terjadinya tingkat kerusakan struktur untuk berbagai intensitas gerakan tanah yang dapat digambarkan oleh kurva kerapuhan. Untuk membangun kurva kerapuhan yaitu dengan mengolah kurva IDA yang didapatkan dari IDA. Kurva IDA dirangkum sehingga mendapatkan median 16%, 50%, dan 84% . Penelitian ini menggunakan prosedur Keith Porter, Vamvatsikos dan Fragiadakis, dan Hazus-MH MR5 untuk mengklasifikasikan tingkat kerusakan bangunan menjadi empat kondisi kerusakan diskrit yaitu slight damage, moderate damage, extensive damage, dan complete damage. Hubungan probabilitas dengan empat parameter demand tersebut digambarkan dalam kurva kerapuhan.

Hasil analisis kurva kerapuhan menurut ketentuan Keith Porter pada 0,4 PGA bangunan Rusunawa Cilacap memiliki probabilitas kerusakan struktur slight sebesar 78%, moderate sebesar 49%, dan extensive sebesar 8%. Sedangkan menurut ketentuan Vamvatsikos dan Fragiadakis memiliki probabilitas kerusakan struktur slight sebesar 79%, moderate sebesar 50%, dan extensive sebesar 9%. Sedangkan  menurut  ketentuan  Hazus  memiliki probabilitas  kerusakan  struktur slight sebesar 39%, moderate sebesar 7%, dan extensive sebesar 3%. Dilihat dari kurva kerapuhan seismik Rusunawa Cilacap dapat dikatakan sangat besar kemungkinan terjadi kerusakan slight dan moderate akibat gempa di daerah Cilacap.

Kata kunci : Evaluasi Kinerja Seismik, Kurva Kerapuhan, Kurva IDA, Incremental
Dynamic Analysis

 

×
Penulis Utama : Naufal Wibisono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113094
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Kinerja Seismik pada Bangunan Rusunawa Cilacap dengan Pengembangan Kurva Kerapuhan Berbasis Incremental Dynamic Analysis
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Teknik, Prog.Studi Teknik Sipil- I0113094-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Senot Sangadji, S.T.,M.T.,
2. Prof. S. A. Kristiawan, S.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.