Penulis Utama : Yuda Ibnu Agusta
NIM / NIP : I0112140
×

ABSTRAK

 

Jalan   merupakan   prasarana   angkutan   darat   yang   sangat   penting   untuk
menghubungkan   suatu   tempat   ke   tempat   lain.   Untuk   memperlancar   arus kendaraan bermotor guna menghindari kepadatan lalu lintas, Pemerintah Kabupaten Magetan telah merencanakan pembangunan Proyek Twinroad (Jalan Kembar). Proyek Twinroad akan memperluas daerah tangkapan air sehingga mempersempit area resapan air apabila terjadi hujan. Saluran Irigasi yang diapit Twinroad akan terdampak akibat air hujan yang masuk ditambah saluran drainase yang pembuangannya diarahkan menuju saluran irigasi. Penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi kapasitas saluran apakah masih mampu menampung debit yang masuk ataukah terjadi luapan.

Penelitian dilakukan pada saluran di sepanjang Jalan Raya Maospati, Kota Magetan. Data penelitian diperoleh melalui survei langsung dan dari instansi terkait. Tahap penelitian ini antara lain (1) Menganalisis data hujan yang akan digunakan dalam menentukan debit (2) Menganalisis data Geografi untuk menentukan daerah tangkapan air dan skema saluran. (3) Menganalisis Kapasitas saluran dengan membandingkan debit terjadi dengan debit eksisting.

Berdasarkan  analsis  data  dari  penelusuran  hujan  dan  debit  saluran  irigasi diperoleh debit total sebesar 1,2479 m3/dt. Hasil dari evaluasi kapasitas saluran menunjukkan bahwa saluran masih mampu menampung debit yang terjadi dengan kala ulang 5 tahun.

Kata Kunci: Saluran Irigasi, Saluran Terdampak, Evaluasi Kapasitas Saluran.

 

×
Penulis Utama : Yuda Ibnu Agusta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112140
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Kapasitas Saluran Irigasi Akibat Adanya Proyek Pembangunan Twinroad di Jalan Raya Maospati Kabupaten Magetan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : Evaluasi Kapasitas Saluran Irigasi Akibat Adanya Proyek Pembangunan Twinroad di Jalan Raya Maospati Kabupaten Magetan
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Mamok Suprapto, MEng
2. Ir. Adi Yusuf Mutaqien, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.