Penulis Utama : Wahyuni Hidayani
NIM / NIP : K7412185
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 1 SMA negeri 3 surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Jenis penelitian ini merupakan penelitain tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan secara kolaborasi anatara peneliti dengan guru mata pelajaran ekonomi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IIS 1 SMA negeri 3 surakarta yang berjumlah 25. Teknik pengumpulan data penelitain adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pemebelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan  hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Peningkatan kekatifan peserta didik terlihat pada siklus I dari segi mental activities meningkat ( presentase pra siklus 8% , siklus I 91%, dan siklus II 93%), keaktifan peserta didik dari segi oral activities ( presentase pra siklus 0%, siklus I 85% dan siklus II 92%), keaktifan peserta didik dari segi visual activities ( presentase pra siklus 44%, siklus I 88%, dan siklus II 95%), dari segi listening activities ( presentase pra tindakan 48%, siklus I 89,33% dan siklus II 93,33%), dari segi writing activities (presentase pra tindakan 0%, siklus I 93,33%, siklus II 95%). Prestasi belajar peserta didik meningkat pada rata-rata nilai pra siklus  77,4 dengan  presentase ketuntasan 56%, siklus I  rata-rata nilai 80,38 dengan presentase ketuntasan 64%,  siklus II  nilai rata-rata 85,5 dengan presentase ketuntasan 88%.

 

×
Penulis Utama : Wahyuni Hidayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412185
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Ekonomi (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Pada Kelas X IIS 1 Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Ekonomi-K7412185-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd.,
2. Dr. Kristiani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.