Penulis Utama : Leonardo Trisnarizki
NIM / NIP : S201308002
×

ABSTRAK

Pendahuluan Keloid merupakan hiperproliferasi jinak sel fibroblas dermis dengan deposisi berlebihan komponen matriks ekstraselululer yang terjadinya karena penyembuhan luka abnormal. Sel fibroblas adalah sel yang berperan utama dalam penyembuhan luka. Dengan adanya transforming growth factor-beta (TGF-?), sel fibroblas normal akan meningkat jumlahnya sehingga terjadi peyembuhan luka.  Media terkondisi kultur sel fibroblas keloid menghasilkan kadar TGF-? yang tinggi. Sel fibroblas normal yang dikultur pada media terkondisi sel fibroblas keloid akan meningkat jumlahnya.

Bahan dan Metode Penelitian  in-vitro  kultur  sel  fibroblas  normal  yang  berasal  dari fetal pada  media terkondisi fibroblas keloid sebagai kelompok perlakukan dan pada media standart kultur fibroblas  sebagai  kelompok  kontrol.  Perhitungan  jumlah  sel fibroblas dilakukan sebelum dan sesudah kultur pada hari ke-3,ke-6 ke-9 dan ke-12 dengan mengguanakan LUNA II TM automatic cell counter .

Hasil Uji t-test tidak berpasangan pada kelompok kontrol dan perlakuan menunjukkan hasil yang tidak  bermakna dalam jumlah sel fibroblas (p>0.05 ).

Kesimpulan Tidak terdapat pengaruh media terkondisi sel fibroblas keloid terhadap pertumbuhan sel fibroblas normal yang berasal dari fetal. Media terkondisi sel fibroblas keloid tidak meningkatkan jumlah sel fibroblas normal yang berasal dari fetal.

Kata kunci :Keloid, Fibroblas, Media Terkondisi.

×
Penulis Utama : Leonardo Trisnarizki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201308002
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Media Terkondisi Kultur Sel Fibroblas Keloid Terhadap Peningkatan Jumlah Fibroblas Normal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : PPDS Penyakit Kulit dan Kelamin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Pendidikan Dokter Spesialis-S201308002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Nugrohoaji Dharmawan, Sp.KK
2. Dr. dr. Indah Julianto, Sp.KK(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.