Penulis Utama : Mega Dian Novita
NIM / NIP : E0013272
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penggunaan keterangan ahli dalam proes pembuktian tindak pidana mengangkut satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup dengan ketentuan dalam KUHAP dan bentuk pertimbangan Hakim Pengadilan Negeri Denpasar dalam menjatuhkan putusan.

Ditinjau dari jenis penelitian hukum yang penulis lakukan termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Bahan hukum yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi pustaka, selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode deduktif silogisme.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan keterangan ahli dalam proses pembuktian tindak pidana mengangkut satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup sesuai dengan ketentuan Pasal 184 ayat (1) huruf b jo Pasal 1 butir 28 KUHAP. Selain itu juga dalam pertimbangan Hakim telah sesuai Pasal 183 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP menggunakan keterangan ahli yang didukung alat bukti lain sebagai dasar untuk membuktikan unsur tindak pidana yang didakwakan sehingga meyakinkan hakim untuk menyatakan para Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana mengangkut satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup dan menjatuhkan pidana terhadap para Terdakwa berupa pidana penjara masing-masing selama 5 (lima) bulan, dan denda masing-masing sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan.

Kata Kunci : Keterangan Ahli, Pembuktian, Mengangkut satwa yang dilindungi

×
Penulis Utama : Mega Dian Novita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013272
Tahun : 2017
Judul : Upaya Pembuktian Penuntut Umum Berdasarkan Keterangan Ahli dan Pertimbangan Hakim Memutus Perkara Mengangkut Satwa yang Dilindungi dalam Keadaan Hidup (Studi Putusan Nomor: 79/Pid.Sus/2015/Pn/Dps)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Ilmu Hukum-E0013272-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Wahyuningsih Yulianti, S.H., M.H.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.