Penulis Utama : Monica Tita Candra Gerhana
NIM / NIP : S851602022
×

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model PjBL, PBL, atau klasikal dengan pendekatan saintifik; 2) mengetahui manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, atau rendah; 3) mengetahui pada model PjBL, PBL, atau klasikal dengan pendekatan saintifik manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, atau rendah; 4) mengetahui pada kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, atau rendah manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang diberi model PjBL, PBL, atau pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA negeri di Kabupaten Sleman yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika dan angket kecerdasan interpersonal. Uji keseimbangan menggunakan uji ANAVA satu jalan. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model PjBL-saintifik lebih baik dibandingkan siswa yang dikenai PBL maupun  klasikal-saintifik, PBL-saintifik lebih baik dibandingkan klasikal-saintifik; 2) prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik dari siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang maupun rendah, siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang lebih baik dari siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah; 3) pada PjBL-saintifik, siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi mampu memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah. Siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang sama baiknya dengan kecerdasan interpersonal tinggi maupun rendah. Pada PBL-saintifik, siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, dan rendah memberikan prestasi belajar matematika yang sama baiknya. Pada model klasikal-saintifik, siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi, sedang, dan rendah memberikan prestasi belajar matematika sama baiknya; 4) pada kecerdasan interpersonal tinggi, siswa yang dikenai model PjBL-saintifik memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dari siswa yang dikenai model PBL-saintifik maupun klasikal-saintifik. Siswa yang dikenai model PBL-saintifik sama baiknya dengan model klasikal-saintifik. Pada kecerdasan interpersonal sedang, siswa yang dikenai model PjBL maupun model PBL-saintifik lebih baik daripada model klasikal-saintifik. Siswa yang dikenai model PjBL-saintifik memberikan prestasi belajar matematika sama baiknya dengan model PBL-saintifik. Pada kecerdasan interpersonal rendah, siswa yang dikenai model PjBL, model PBL, dan model klasikal-saintifik memberikan prestasi belajar matematika sama baiknya.

 Kata kunci: project based learning, problem based learning, pendekatan saintifik, kecerdasan interpersonal.

×
Penulis Utama : Monica Tita Candra Gerhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851602022
Tahun : 2017
Judul : Eksperimentasi Model Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas X SMA Negeri Se-Kabupaten Sleman
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Matematika-S851602022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M. Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.