Penulis Utama : Putri Istiqomah S
NIM / NIP : K6413054
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kompetensi profesional guru PPKn dalam menguasai KD 3.7 Menganalisis strategi yang telah diterapkan oleh egara dalam mengatasi ancaman untuk membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di SMA Negeri 2 Purbalingga, 2) kompetensi profesional guru PKn dalam pengembangan materi KD 3.7 di SMA Negeri 2 Purbalingga, 3) mengetahui keterkaitan antara kemampuan penguasaan KD 3.7 dengan kemampuan pengembangan materi di SMA Negeri 2 Purbalingga.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dilakukan dengan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan analisis model interaktif.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kompetensi profesional  penguasaan KD 3.7 di SMA Negeri 2 Purbalingga dikategorikan belum menguasai kompetensi inti/kompetensi dasar dengan benar. (2) Kompetensi profesional pengembangan materi KD 3.7 di SMA Negeri 2 Purbalingga guru belum mengembangkan materi pembelajaran pada KD 3.7. (3) Keterkaitan kemampuan penguasaan KD 3.7 dengan Kemampuan Pengembangan Materi di SMA Negeri 2 Purbalingga adalah kemampuan guru dalam merumuskan KI dan KD serta indikator dan tujuan pembelajaran untuk dapat memilih dan mengembangkan materi melalui kegiatan analisis KI, KD, Indikator dan Tujuan Pembelajaran.

Kata kunci: Kompetensi Guru, Penguasaan KD, Pengembangan Materi, Keterkaitan Penguasaan KD dengan Pengembangan Materi

×
Penulis Utama : Putri Istiqomah S
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413054
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kompetensi Profesional “Menguasai Kompetensi Inti atau Kompetensi Dasar dan Pengembangan Materi” Guru Ppkn di Sma Negeri 2 Purbalingga
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Pancasila dan Kewargaengaraan -K6413054-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Machmud AR, SH, M.Si
2. Rima Vien PH, SH, MH.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.