Penulis Utama : Rima Noviyani
NIM / NIP : K6413061
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PPKn dalam melaksanakan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial terhadap siswa. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung yang ditemui atau dialami oleh guru PPKn dalam melaksanakan penilaian penilaian sikap spiritual dan sikap sosial terhadap siswa di SMK Negeri 2 Sukoharjo.

Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan deksriptif kualitatif dengan penelitian analisis dokumen/isi.Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Sajian data, 4) Pengambilan Kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai  berikut:  1)  Persiapan,  2) pengumpulan  data,  3)  analisis  data,  4) penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada indikator menyelenggarakan penilaian guru PPKn belum melakukan semua teknik penilaian sikap. Pada indikator memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi, guru menggunakan  hasil penilaian  untuk  mengukur  kompetensi  pencapaian  sikap siswa. Pada indikator melakukan tindakan reflektif, guru PPKn belum melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 2) Faktor penghambat guru antara lain guru kesulitan pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan semua teknik penilaian, pembelajaran di dalam kelas guru lebih menekankan aspek pengetahuan. Faktor pendukungnya adalah Sekolah memfasilitasi guru PPKn untuk mengikuti diklat dan  juga seminar,  hasil  belajar  siswa  yang  menunjukkan  sikap yang baik, antusiasme siswa saat melakukan penilaian diri dan juga penilaian antar teman sejawat.

Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Penilaian sikap Spiritual dan Sikap Sosial, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

×
Penulis Utama : Rima Noviyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413061
Tahun : 2017
Judul : Studi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Melakukan Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial (Studi pada Guru Ppkn di Smk N 2 Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan -K6413061-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rusnaini, M.Si.
2. Wijianto, S.Pd.,M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.