Penulis Utama : Alfina Dewanty
NIM / NIP : K4313007
×

Tujuan penelitian meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep dengan menambahkan instruksi pada tahap regulation discovery learning. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 11 peserta didik SMA laki-laki dan 25 peserta didik SMA perempuan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk mengukur skor concept map. Data yang diperoleh berupa skor concept map yang didukung jawaban dan catatan peserta didik. Uji validitas data dengan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan skor concept map peserta didik pada prasiklus mempunyai rentang 2,6%-9% dan rata-rata 5,7%, dengan 18 peserta didik diatas skor rata-rata. Skor concept map pada siklus I mempunyai rentang 6,2%-73,6% dan rata-rata 31%, dengan 16 peserta didik diatas skor rata-rata. Skor concept map pada siklus II mempunyai rentang 14,8-56,2% dan rata-rata 31,6%, dengan 21 peserta didik diatas skor rata-rata, dengan demikian penambahan instruksi pada tahapan regulation discovery learning meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep berdasar skor concept map peserta didik dari siklus I – siklus II.

 

×
Penulis Utama : Alfina Dewanty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313007
Tahun : 2017
Judul : Penambahan Instruksi Pada Tahapan Regulation Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kip - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur, Pendidikan Biologi-K4313007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd.,
2. Dr. Sri Widoretno, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.