Penulis Utama : Seno Setiyawan
NIM / NIP : M0113045
×

Abstrak

Pada tahun 2015, hasil produksi ubi jalar nasional mencapai 2.297.634 ton atau turun 3,57?ri tahun 2014. Hal ini disebabkan berkurangnya lahan pertanian ubi jalar. Impor ubi jalar menjadi pilihan jika ketersedian produksi ubi jalar rendah. Maka diperlukan usaha untuk meningkatkan produksi ubi jalar dengan membuat klasi?kasi produksi ubi jalar di Pulau Jawa. Produksi ubi jalar di Pulau Jawa dapat diklasi?kasikan berdasarkan nilai median, Sedangkan kategori variabel lainnya dapat diklasifikasikan menurut sumber data dari Badan Pusat Statistik. Penelitian ini menggunakan metode Algoritme C4.5. Metode klasifikasi dari data mining yang digunakan untuk mengkonstruksikan pohon keputusan serta mampu mengatasi nilai yang hilang (missing value), mengatasi data bertipe kontinu, dan melakukan pemangkasan pohon (pruning trees). Selain itu, dengan menggunakan algoritme C4.5 dapat diketahui nilai ketepatan klasifikasi.

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritme C4.5 pada klasifikasi produksi ubi jalar di Pulau Jawa. Dalam penelitian ini terdapat 4atribut yang menentukan produksi ubi jalar di Pulau Jawa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 10 aturan klasifikasi. Nilai tingkat kesalahan adalah 7.21%, dan ketepatan klasifikasi produksi ubi jalar di kabupaten atau kota di Pulau Jawa sebesar 92.85 %.

Kata Kunci : Algoritme C4.5, klasifikasi, Ubi Jalar, Pohon Keputusan

×
Penulis Utama : Seno Setiyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0113045
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Algoritme C4.5 pada Klasifikasi Produksi Ubi Jalar di Pulau Jawa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2017
Program Studi : S-1 Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. Matematika-M0113010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Yuliana Susanti, M.Si.
2. Prof. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.