Penulis Utama : Erni Pujiastuti
NIM / NIP : K7514021
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMK Negeri 1 Karanganyar, (2) Hambatan apa saja yang terjadi dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMK Negeri 1 Karanganyar, dan (3) Upaya untuk mengatasi hambatan dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMK Negeri 1 Karanganyar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Sumber data meliputi informan, aktivitas, lokasi penelitian, serta dokumen. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling yang dilanjutkan dengan teknik Snowball Sampling. Teknik  pengumpulan data menggunakan teknik observasi tidak berperan serta dan terstruktur, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif dimana reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan saling berkaitan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) SMK Negeri 1 Karanganyar melaksanakan 6 fungsi manajemen sarana dan prasarana, yaitu perencanaan, pengadaan,  inventarisasi, penyimpanan, pemeliharaan, dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan. (2) Hambatan dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMK Negeri 1 Karanganyar adalah hambatan Sumber Daya Manusia terdiri dari (a) Terbatasnya Sumber Daya Manusia untuk melaksanakan fungsi penyimpanan. (b) Terbatasnya Sumber Daya Manusia untuk melaksanakan fungsi inventarisasi. (c) Kepala seksi tata usaha urusan sarana dan prasarana terlalu banyak merangkap tugas. Hambatan pengelolaan pergudangan terdiri dari (a) Tidak adanya gudang transit untuk menyimpan barang sebelum diinventarisasi dan didistribusikan. (b) Terbatasnya gudang untuk barang bekas yang belum dihapuskan. (c) Pengeluaran barang habis pakai tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (d) Pengelolaan gudang buku perpustakaan yang belum maksimal. (3) Upaya untuk mengatasi hambatan Sumber Daya Manusia (a) Melakukan pelimpahan tugas kepada petugas tata usaha dan memberdayakan siswa piket harian. (b) Memberikan pelatihan kerja. (c) Melakukan pembagian kerja. Mengatasi hambatan pergudangan (a) Menata ulang kantor tata usahan dengan memanfaatkan bagian ruangan yang kosong (b) Memanfaatkan banyaknya ruangan kosong di gedung baru (c) Melimpahkan sebagian tugas dan memberikan bimbingan kerja kepada petugas tata usaha dan siswa yang melakukan piket harian serta melaksanakan pengecekan ulang (d) Menata ulang gudang buku dan mengubah tata ruang perpustakaan.

 

×
Penulis Utama : Erni Pujiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514021
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMK Negeri 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7514021-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Andre N. Rahmanto., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.