Penulis Utama : Febi Nur Fitriani
NIM / NIP : K3313028
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siklus belajar 5E terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (2) pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (3) interaksi model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siklus belajar 5E dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Siswa kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 7 terpilih sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan matematika dan prestasi aspek pengetahuan, angket dan observasi untuk aspek sikap serta observasi untuk aspek keterampilan. Analisis data prestasi aspek pengetahuan dan keterampilan menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan dengan desain faktorial 2 x 2, sedangkan analisis data prestasi aspek sikap menggunakan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis H.

Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian yaitu: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siklus belajar 5E terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan dengan model siklus belajar 5E memiliki rata-rata lebih baik, tetapi tidak untuk aspek sikap dan keterampilan (2) terdapat pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan kategori tinggi lebih baik dari kategori rendah, sedangkan pada aspek sikap dan keterampilan tidak ada pengaruh (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siklus belajar 5E dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

 

×
Penulis Utama : Febi Nur Fitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313028
Tahun : 2018
Judul : Studi Komparasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Siklus Belajar 5E Ditinjau dari Kemampuan Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3313028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agung Nugroho Catur Saputro, S.Pd., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.