Penulis Utama : Fitriastuti
NIM / NIP : K7114053
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui penerapan model  pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament     (TGT) pada siswa kelas VA SD Negeri 03 Makamhaji Sukoharjo tahun ajaran 2017/ 2018.

Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VA SD Negeri 03 Makamhaji Sukoharjo tahun ajaran 2017/ 2018. Jumlah siswa adalah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara, observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif, analisis data deskriptif komparatif, dan analisis  kritis. Uji validitas  pada penelitian ini menggunakan validitas  isi, validitas konstruk, dan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian yang dilakukan melalui 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan/observasi, refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil angket motivasi belajar matematika dan nilai hasil observasi aktivitas siswa mulai dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pratindakan jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar matematika dalam kategori tinggi atau sangat tinggi hanya 10% atau 2 siswa dari 20 siswa. Pada siklus I jumlah siswa yang memiiki motivasi belajar matematika dalam kategori tinggi atau sangat tinggi meningkat menjadi 80% atau 16 siswa dari 20 siswa dan pada siklus II jumlah siswa yang memiiki motivasi belajar matematika dalam kategori tinggi atau sangat tinggi meningkat menjadi 90% atau 18 siswa dari 20 siswa.

Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan  motivasi  belajar  matematika  siswa  kelas  VA  SD  Negeri  03 Makamhaji Sukoharjo tahun ajaran 2017/ 2018.

 

×
Penulis Utama : Fitriastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114053
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VA SD Negeri 03 Makamhaji Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Kamsiyati, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.