Penulis Utama : Fajar Dwi Afianto
NIM / NIP : E0013166
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengkaji mengenai kesesuaian Gugatan Class Action dalam Perkara Nomor: 14/Pdt.G/2012/PN.Sky dengan Pasal 2 Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2002 serta dasar pertimbangan Hakim Mahkamah Agung dalam mengabulkan permohonan kasasi Para Pemohon Kasasi dengan Putusan Nomor: 15K/Pdt/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang bersifat deskriptif. Datayang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan studi pustaka. Teknis analisis bahan hukum yang digunakan adalah analisis yang bersifat deduksi dengan metode silogisme.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Gugatan Class Action dalam perkara Nomor 14/Pdt.G/2012/PN Sky telah sesuai dengan Pasal 2 Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2002 yang mengatur mengenai persyaratan jumlah anggota kelas sangat banyak sehingga tidak efisien dan efektif apabila diajukan gugatan biasa maupun kumulatif, adanya kesamaan fakta peristiwa, dasar hukum serta tipe tuntutan, dan kelayakan wakil kelas.. Dasar pertimbangan Mahkamah Agung mengabulkan kasasi dalam Putusan No. 15K/Pdt/2015 adalah bahwa Pengadilan Tinggi Palembang telah salah dalam menerapkan hukum c.q hukum pembuktian serta Para Penggugat telah dapat membuktikan dalil gugatannya sebagai pemilik yang sah lahan plasma kebun kelapa sawit dengan mitra Turut Tergugat sebagaimana Surat Keputusan Bupati Banyuasin Nomor 656 Tahun 2007.

Kata Kunci : Gugatan Perwakilan Kelompok (Class Action), Putusan, Kasasi

×
Penulis Utama : Fajar Dwi Afianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013166
Tahun : 2017
Judul : Gugatan Class Action terhadap Perbuatan Melawan Hukum PT Agronusa Bumi Lestari dalam Perkara Lahan Plasma Kebun Kelapa Sawit (Studi Kasus Putusan MA No: 15K/Pdt/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Prog. Studi Ilmu Hukum-E0013166-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Harjono, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.